KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan
komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang
dikehendaki pembuatnya. Sebuah program bisa dikatakan baik jika algoritmanya
jelas terstruktur dan mudah dibaca oleh orang lain. Algoritma
yaitu langkah-langkah untuk menyelesaikan sesuatu masalah. Adapun
pengertian dari Pemrograman Terstruktur yaitu
metode untuk mengorganisasikan dan membuat kode-kode program supaya mudah untuk
dimengerti, mudah di test dan di modifikasi. Dimana programnya dapat
dipergunakan oleh pengguna secara mudah dan dapat dimengerti tentang proses
yang sedang dilakukan oleh program tersebut.
1.1. PENGENALAN C++
C++ merupakan bahasa
pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP). C++ bersifat case
sensitive yang artinya membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, sehingga:
Intruksi harus ditulis dengan huruf kecil,
Dan Variabel yang ditulis dengan huruf kecil dan huruf besar berbeda.
Sebelum melangkah lebih
jauh sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu tentang konsep kompilasi dan
eksekusi program di dalam C++
Keterangan :
Preprosesor
Perintah yang diawali tanda # (pound) dan
menghasilkan file yang akan dilewatkan ke dalam compiler. Contoh : # include
, #define , #ifdef
Kompiler C++
Kompiler akan menerjemahkan kode program yang telah
dilewatkan oleh preprosesor ke dalam bahasa assembly. Kode yang sudah berubah
kebentuk kode assembly ini kemudian siap dikirim ke program Asembler.
Assembler
Menerima
keluaran dari compiler C++ dan akan membuat sebuah kode objek. Jika dalam kode
program kita tidak menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada library lain,
maka kode objek ini akan langsung dieksekusi menjadi EXE.
link editor
Bagian
ini dikerjakan jika kode program yang kita buat menggunakan fungsi-fungsi luar
yang disimpan dalam suatu library lain. Link editor akan mengkombinasikan kode
objek dan library yang ada untuk menjadikan sebuah file EXE.
Loader
loader adalah
program yang digunakan untuk mengeksekusi program yang kita buat. Sehingga
output program akan ditampilkan dilayar.
1.2. STRUKTUR PROGRAM
Secara umum struktur program dalam C++ adalah sebagai
berikut:
1. Deklarasi
header file diawali dengan #include
<.......> Titik-titik diisi dengan nama header file yang ingin
digunakan. Header file merupakan suatu fungsi yang mendukung eksekusi instruksi
tertentu dalam C++
2. Deklarasi
konstanta (bisa ada bisa tidak)
3. Deklarasi
variabel global (bisa ada bisa tidak)
4. Deklarasi
fungsi bisa ada bisa tidak. Fungsi juga dapat diletakkan seletah fungsi main().
5. Deklarasi
class (bisa ada bisa tidak)
6. Fungsi
utama à harus ada, diawali dengan { dan
diakhiri dengan }. Didalamnya berisi instruksi-instruksi yang nantinya akan
dieksekusi berikut deklarasi variabel (variabel lokal) yang diperlukan.
Header File
File header (file dengan ekstensi .h)
adalah file yang berisi fungsi-fungsi yang mendukung eksekusi instruksi
tertentu dalam C++ dan telah dikompilasi sebelumnya. Jika kita ingin
menggunakan file header kita harus mendaftarkan terlebih dahulu melalui preprosesor directive #include
Contoh header file yang sering digunakan :
1. iostream.h
Untuk instruksi:
cout<<”.....................”;
cin>>nama_var;
2. conio.h
Untuk instruksi:
getch(); clrscr();
Komentar
Dalam pembuatan program yang sudah cukup
komplek akan banyak sekali listing program yang kita ketikkan sehingga akan
cukup rumit dan sulit untuk dipahami. Agar program kita bisa dipahami oleh
orang lain akan lebih baik jika setiap pokok bahasan kita berikan komentar.
Komentar-komentar ini tidak akan ikut dieksekusi. Dalam C++ ada dua cara untuk
memberikan komentar yaitu:
1. menggunakan
tanda //
Tanda ini digunakan untuk komentar yang
terdiri dari satu baris, jika komentar lebih dari satu baris maka baris kedua
dan seterusnya tidak dianggap sebagai komentar.
Contoh penggunaanya
// Mari Belajar pemrograman
2. menggunakan
tanda /*…*/ digunakan untuk komentar yang terdiri lebih dari satu baris.
Contoh: /* Mari belajar
Bahasa Pemrograman */
Pindah Baris
Untuk membuat tampilan program yang baik
pasti akan terdiri dari beberapa baris, dalam bahasa pemrograman C++ untuk
pindah baris ada dua perintah yaitu:
1. tanda
\n
Tanda \n digunakan untuk pindah baris
berikutnya, untuk penulisannya harus di dalam tanda petik bersama dengan
kalimat yang akan ditampilkan dan bisa diletaakan awal kalimat atau di akhir
kalimat. Contoh penggunaannya
Cout<<”\nHallo...selamat
datang...”;
Setelah program dieksekusi akan pindah baris terlebih
dahulu sebelum menampilkan kalimat
Hallo… Selamat datang, kemudian kursor pindah kebawah.
2. Tanda
<<endl
Tanda <<endl berfungsi sama dengan
tanda \n yaitu digunakan untuk pindah baris berikutnya, untuk penulisannya
harus di luar tanda petik dan bisa diletaakan sebelum menuliskan perintah /
kalimat yang akan ditampilkan atau setelah penulisan perintah / kalimat yang
akan ditampilkan. Contoh penggunaannya :
Cout<<endl<<”Hallo...selamat
datang...”;
Setelah program dieksekusi akan pindah
baris terlebih dahulu sebelum menampilkan kalimat Hallo...selamat datang.
CONTOH PROGRAM
1. contoh pertama
Header File
File header (file dengan ekstensi .h)
adalah file yang berisi fungsi-fungsi yang mendukung eksekusi instruksi
tertentu dalam C++ dan telah dikompilasi sebelumnya. Jika kita ingin
menggunakan file header kita harus mendaftarkan terlebih dahulu melalui preprosesor directive #include
Contoh header file yang sering digunakan :
1. iostream.h
Untuk instruksi:
cout<<”.....................”;
cin>>nama_var;
2. conio.h
Untuk instruksi:
getch(); clrscr();
Komentar
Dalam pembuatan program yang sudah cukup
komplek akan banyak sekali listing program yang kita ketikkan sehingga akan
cukup rumit dan sulit untuk dipahami. Agar program kita bisa dipahami oleh
orang lain akan lebih baik jika setiap pokok bahasan kita berikan komentar.
Komentar-komentar ini tidak akan ikut dieksekusi. Dalam C++ ada dua cara untuk
memberikan komentar yaitu:
1. menggunakan
tanda //
Tanda ini digunakan untuk komentar yang
terdiri dari satu baris, jika komentar lebih dari satu baris maka baris kedua
dan seterusnya tidak dianggap sebagai komentar.
Contoh penggunaanya
// Mari Belajar pemrograman
2. menggunakan
tanda /*…*/ digunakan untuk komentar yang terdiri lebih dari satu baris.
Contoh: /* Mari belajar
Bahasa Pemrograman */
Pindah Baris
Untuk membuat tampilan program yang baik
pasti akan terdiri dari beberapa baris, dalam bahasa pemrograman C++ untuk
pindah baris ada dua perintah yaitu:
1. tanda
\n
Tanda \n digunakan untuk pindah baris
berikutnya, untuk penulisannya harus di dalam tanda petik bersama dengan
kalimat yang akan ditampilkan dan bisa diletaakan awal kalimat atau di akhir
kalimat. Contoh penggunaannya
Cout<<”\nHallo...selamat
datang...”;
Setelah program dieksekusi akan pindah baris terlebih
dahulu sebelum menampilkan kalimat
Hallo… Selamat datang, kemudian kursor pindah kebawah.
2. Tanda
<<endl
Tanda <<endl berfungsi sama dengan
tanda \n yaitu digunakan untuk pindah baris berikutnya, untuk penulisannya
harus di luar tanda petik dan bisa diletaakan sebelum menuliskan perintah /
kalimat yang akan ditampilkan atau setelah penulisan perintah / kalimat yang
akan ditampilkan. Contoh penggunaannya :
Cout<<endl<<”Hallo...selamat
datang...”;
Setelah program dieksekusi akan pindah
baris terlebih dahulu sebelum menampilkan kalimat Hallo...selamat datang.
CONTOH PROGRAM
1. contoh pertama
#include <iostream>
using namespace std;
main () {
// Menampilkan teks
cout<<"Mari belajar pemrograman terstruktur ";
retrun 0;
}
Ketikkan kode program diatas menggunakan teks
editor. Untuk menjalankan program
tersebut berikut langkah-langkah yang
dilakukan:
1.
Buka
commant prompt
2.
Masuk
ke directory penyimpanan file
3.
Setelah
berada di folder penyimpanan file
ketikkan g++ -o inisialisasi program
nama file.cpp
Contoh : program 1 diatas g++
-o awal kodeawal.cpp
4.
Selanjutnya
menampilkan output program dengan cara ketikkan nama inisialisai.exe, atau
tanpa disertakan .exe , dari contoh program 1 awal.exe
5.
Berikut
output dari program diatas
II. VARIABEL DAN TIPE DATA
Variabel merupakan sarana yang digunakan
untuk menyimpan data. Nama variabel (identifier) bebas, tetapi harus
memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. tidak
boleh ada spasinya
2. tidak
boleh mengandung operator aritmatik
3. tidak
boleh diawali dengan angka
4. tidak
boleh merupakan reserved word dalam
bahasa pemrograman.
5. mencerminkan
data yang akan disimpan.
Berikut ini adalah bentuk umum
pendeklarasian variabel:
Tipe_data nama_variabel;
Contoh: int A;
Jika ingin mendeklarasikan variabel yang bertipe sama, maka
pendeklarasiannya adalah sebagai berikut:
Tipe_data nama_variabel1,nama_variable2, nama_variabel3;
Contoh:
Int c,d,e;
Variabel Global
Variabel
global yaitu variabel yang dapat dikenali oleh semua lingkungan dalam program
kita.Letak pendeklarasiann variabel global berada diluar fungsi utama dengan nama main () Variabel Lokal
Variabel lokal adalah variabel yang hanya dikenali oleh
suatu fungsi saja.Proses deklarasi variabel lokal dilakukan didalam lingkungan
fungsi yang dimaksud.
Tipe data
Type
data digunakan untuk membatasi nilai dari suatu variabel. Nilai dari suatu
variabel dibatasi karena untuk efisiensi pemakaian memori. Kesalahan dalam
menyebutkan tipe data akan menyebabkan program yang kita buat tidak dapat
dijalankan.Kalaupun dapat dijalankan program akan memberikan nilai yang tidak
akurat sesuai yang diharapkan.
Dalam bahasa C++,tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua
yaitu tipe data dasar dan tipe data bentukan. Berikut yang termasuk tipe data
dasar dalam C++ yaitu:
1. tipe
integer
variabel yang bertipe integer digunakan untuk menyimpan
data-data bernilai bilangan bulat.
2. Tipe
float
Variabel yang bertipe integer digunakan untuk menyimpan
data-data bilangan pecahan.
3. Tipe
char
Variabel yang bertipe integer digunakan untuk menyimpan
data-data berupa karakter yaitu huruf,angka dan simbol.
4. Tipe
tanpa bertipe (void)
Variabel ini digunakan jika suatu fungsi tidak menghasilkan
nilai.
Contoh Program Penggunaan tipe data.
#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
int x;
// Menampilkan teks untuk informasi
cout<<"Masukkan bilangan bulat: ";
// Membaca nilai dari keyboard
// Dan menyimpanya ke dalam variabel x
cin>>x;
// Menampilkan nilai yang telah dimasukan
cout<<"Bilangan yang dimasukkan adalah
"<<x;
0 comments:
Post a Comment